News Update :
Home » , , , » Ingin Punya Anak Tapi Sperma Sedikit

Ingin Punya Anak Tapi Sperma Sedikit

Senin, 29 April 2013 13.42


Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta. Dokter, saya seorang suami, punya satu anak umur 8 tahun. Empat tahun lalu istri saya pernah hamil lagi tetapi miskram, dikuret dan tidak hamil lagi hingga saat ini. Pertengahan tahun lalu saya cek ke dokter kandungan, setelah uji lab, kualitas sperma saya yang kurang, jumlahnya sedikit, mobilitas rendah, dan abnormalitas tinggi.

Kata dokter, saya mesti ke dokter urologi untuk cek lebih lengkap dan bila perlu dioperasi karena katanya terjadi penyumbatan. Mohon saran dokter, langkah apa yang perlu saya tempuh karena saya ingin punya anak lagi? Terimakasih, salam.

Yos (Pria Menikah, 45 tahun), yosXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 172 cm dan Berat Badan 78 kg

Jawaban

Anda tidak usah risau karena kualitas sperma Anda semula prima, hingga bisa memberi keturunan, anak yang saat ini berusia 8 tahun.

Mengingat usia Anda yang saat ini berusia 45 tahun, penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus, hipertensi, kadar kolesterol tinggi serta gangguan kadar hormon pria (testosteron) bisa jadi penyebab penurunan kualitas sperma Anda.

Juga peristiwa keguguran istri patut disikapi dengan serius, apakah penyebabnya? Gangguan kekentalan darah, infeksi toxoplasma bisa memicu keguguran pada wanita hamil.

Dianjurkan Anda dan istri melakukan pemeriksaan komprehensif di klinik fertilitas yang khusus menangani pasangan yang sulit punya keturunan atau yang mendambakan anak lagi.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

(mer/up)

Punya Pertanyaan Seputar Kesehatan? Silahkan Klik di Sini


View here

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Berita Terkini 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.