News Update :
Home » , , , , , , , » Dandan Hingga Suapi Anak, Kegiatan yang Dilakukan Orang Tua Sambil Nyetir

Dandan Hingga Suapi Anak, Kegiatan yang Dilakukan Orang Tua Sambil Nyetir

Selasa, 07 Mei 2013 07.30

Jakarta, Orang tua biasanya memberikan nasihat pada anaknya untuk tidak melakukan aktivitas lain saat mengendarai kendaraan. Namun survei justru menunjukkan 90 persen orang tua tetap melakukan aktivitas lain meskipun sedang mengemudi.

Melakukan aktivitas lain saat mengemudi seperti menelepon, membalas pesan teks, atau mengganti CD bisa mengurangi fokus terhadap jalanan. Akibatnya, tidak sedikit terjadi kecelakaan akibat multi-tasking saat berkendara, seperti dikutip dari Fox News, Selasa (7/5/2013).

Bagi orang tua, aktivitas lain yang dilakukan selagi mengemudi bisa bermacam-macam, termasuk di antaranya menyuapi anak, mengambil mainan anak yang jatuh. Selain itu, ada pula aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan anak seperti dandan atau makan.

"Selama ini pencegahan lebih mengarah pada remaja. Namun, hasil kami menunjukkan orang tua juga sering terganggu saat mengemudi," ungkap dr Michelle Macy, peneliti dari University of Michigan.

Para peneliti melakukan survei pada 600 orang tua yang anaknya berusia 1-12 tahun dan pernah mendapatkan perawatan inap di Michigan karena alasan apapun. Setengah dari responden menyatakan anak mereka dirawat akibat kecelakaan. Kecelakaan ini terjadi akibat para orang tua ini mengemudi sambil mencari arah dengan peta atau GPS.

Responden juga diwawancarai tentang jenis pengaman di mobil untuk anak yang mereka gunakan. Peneliti menilai apakah pengaman yang digunakan responden sesuai dengan usia anak mereka, misalnya apakah mereka menggunakan kursi mobil untuk anak di bawah usia 3 tahun atau sabuk pengaman untuk anak yang berusia 8-12.

Orang tua yang tidak menggunakan jenis pengaman yang sesuai dengan usia anaknya lebih mungkin terganggu saat mengemudi, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan pengaman sesuai usia anaknya.

Bagi orang tua, ada baiknya mulai menularkan kebiasaan baik pada anak dengan tidak melakukan aktivitas lain saat berkendara. Selain itu, untuk mengurangi gangguan, berikan pengaman yang tepat sesuai dengan usia anak.

(vit/vit)

Adi Tagor Harahap, Dr.,Sp.A,DPH

Konsultasi Spesialis Anak (SpA)

RS. Pondok Indah, Jl. Metro Duta Kav. UE, Pondok Indah Jakarta Selatan, DKI Jakarta, DKI Jakarta Tel: +6221-7692252

Agnes Yunie Purwita Sari, Dr.,Sp.A

Konsultasi Spesialis Anak (SpA)

RS Persahabatan, Jl. RS Persahabatan Rawamangun Jakarta Timur, DKI Jakarta


View here

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Berita Terkini 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.