News Update :
Home » , , , , , , » Kata Kacang Tidak Tercantum pada Kemasan, Ratusan Produk Kacang Ditarik

Kata Kacang Tidak Tercantum pada Kemasan, Ratusan Produk Kacang Ditarik

Senin, 29 April 2013 11.58

Baso YANGINI,Daging Segar; VILLADaging Berbumbu BABARAFIBumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)TS Soy Sauce AsinTS Kecap Manis 200 mCUKA MAKAN : Sukasari Cuka MakanPremix; RM 5Vitamin; RM 6Vitamin and Mineral PremixesJakarta - Tingkat alergi kacang di Inggris yang semakin tinggi. Karenanya petugas kesehatan semakin berhati-hati melihat bahan makanan yang dipasarkan. Mereka menarik 300 kantong produk kacang tanah ditarik karena tidka mencantumkan kacang pada info bahannya.

Booths, salah satu jaringan supermarket terkemuka di Inggris menarik 300 kantong produk Wholehearted Roasted Monkey Nuts berukuran 350 gram. Istilah 'Monkey Nuts' sendiri dipakai untuk mendeskripsikan kacang berkulit.

The Food Standart Agency (FSA) menyebutkan kemasan produk yang transparan membuat para pelanggan bisa melihat wujud produk di dalamnnya. Supermarket ini dinyatakan gagal menyediakan label peringatan terhadap bahaya konsumsi kacang pada label produk ini.

Dikatakan tanpa peringatan layak di kemasan, konsumen bisa tidak menyadari bahwa produk kacang tanah juga mengandung kacang yang bisa memperburuk alergi mereka. Menurut data Allergy UK, kacang merupakan penyebab alergi teratas dan terkadang menyebabkan reaksi parah yang bisa berujung pada kematian yang dikenal dengan nama anaphylaxis.

“Undang-undang mengharuskan pencantuman informasi bahan makanan pemicu alergi dalam kemasan produk”, tutur juru bicara FSA kepada BBC News (29/04/2013).

Booths, yang mempunyai 29 cabang di barat laut Inggris, menyatakan pemasaran produk lainnya tidak terpengaruh. Pihak Booths menambahkan mereka meminta maaf atas keadaan ini. Mereka menawarkan pengembalian uang jika mengembalikan produk tersebut kepada konsumen yang terkena alergi.

“Ini adalah tanggung jawab kami sebagai penjual untuk menghadirkan peringatan alergi secara akurat dan contoh seperti ini, kami merasa bertanggung jawab untuk menarik produk dan mengeluarkan peringatan kepada konsumen kami yang menderita alergi kacang,” tutur Waheed Massan selaku Technical Manager di Boots.

(odi/flo)


Sumber Artikel

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Berita Terkini 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.